SPENDUKUTSEL MENJADI ANGGOTA Think.com

MEMPERSIAPKAN SISWA MENGHADAPI DUNIA GLOBAL

SMP Negeri 2 Kuta Selatan resmi menjadi anggota Think.Com

Laporan I Made Priyana Ginada, SH

Dari Workshop Think.com & ThinkQuest yang diselenggarakan oleh ORACLE Education Foundation bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Bali dan SMK Negeri 1 Denpasar

Memasuki awal tahun 2008, SMP Negeri 2 Kuta Selatan secara resmi sudah menjadi anggota Think.Com, Proses pendaftaran / registrasi dilalui dengan beberapa tahapan yang tentunya tidak mudah.

APAKAH THINK.COM ITU?

Think.com adalah program email gratis dan situs web pendidikan yang dimiliki oleh Oracle dan dirancang untuk siswa SD sampai SMA umur 7-19. Situs ini memungkinkan siswa dan guru membuat, berkomunikasi dan berkolaborasi menggunakan internet bersama anggota Think.com lainnya diseluruh dunia dengan menyediakan halaman web pribadi, juga piranti komunikasi dan kolaborasi secara gratis. Think.com adalah program yang disponsori oleh Oracle Education Foundation yang tersedia di 40 negara dengan 10 bahasa dan digunakan oleh lebih dari 500,000 siswa dan guru di seluruh dunia.

Bagaimana saya bergabung dengan Think.com?

Setiap siswa bisa mendapatkan account ke Think.com melalui sekolah mereka. Sekolah memainkan peran penting dalam Think.com yang mengatur komunitas dan kontribusi para penggunanya. Jika anda tertarik untuk mendaftar sekolah anda ke Think.com, wakil sekolah anda dipersilahkan untuk http://www.think.com

Sekolah negeri dan swasta diperbolehkan bergabung dengan Think.com di negara-negara Think.com beroperasi.

Bagaimana Think.com digunakan dalam ruang kelas?

Ada beragam cara guru dalam menggunakan Think.com sebagai alat pembelajaran. Sekolah dapat menggabungkan pelajaran-pelajaran dan memasukkan kurikulum sekolah ke dalam Think.com, termasuk tugas-tugas menulis, kolaborasi tim, WebQuests, bimbingan PR, program setelah sekolah, dll. Think.com dapat meningkatkan pelajaran apapun dengan mengintegrasi teks, video, gambar-gambar dan suara.

Murid dan guru dapat menggunakan Think.com dari sekolah, rumah atau perpustakaan. Guru dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang tua dan menyediakan rangkuman PR dan aktifitas kelas. Satu sumber yang fantastis dalam Think.com adalah Zona Guru: sebuah komunitas dimana guru bisa berbagi ide dan menawarkan petunjuk untuk menggunakan peralatan pendidikan yang fleksibel ini dengan kreatif dan efektif.

Apakah visi Think.com?

Visi kami adalah Think.com dapat digunakan untuk memfasilitasi pengadopsian teknologi oleh sekolah-sekolah. Karena internet telah merevolusioner bisnis, kami yakin teknologi akan merevolusionerkan pendidikan. Dengan interfacenya yang mudah digunakan dan peralatan yang hebat, Think.com memperkenankan para siswa di berbagai tingkatan untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan mereka.

Sebagai hasil dari pengunaan Think.com, murid-murid akan termotivasi untuk:

  • Berkomunikasi secara efektif dengan anggota-anggota dari komunitas global;
  • Membaca, berfikir dan menulis dengan lebih baik;
  • Melakukan penelitian berfikir menjadi pertanyaan-pertanyaan dan isu-isu penting; dan
  • Melakukan tuntutan test standar dengan baik yang membutuhkan penarikan kesimpulan.

Peralatan apakah yang dibutuhkan sekolah untuk mengakses Think.com?

Think.com adalah sebuah layanan berbasis internet yang dapat diakses dari browser www manapun. Untuk kinerja yang baik, kami merekomendasikan versi-versi berikut ini dari browser-browser yang popular:

Netscape Communicator:

  • PC: 4.7.9 atau lebih tinggi
  • Mac: 4.7.9 atau lebih tinggi

Internet Explorer:

  • PC: 5.0 atau lebih tinggi
  • Mac: 5.0 atau lebih tinggi

Tidak ada software atau hardware khusus yang dibutuhkan untuk mengakses Think.com. Sekolah anda dapat mengunjungi Think.com dengan menggunakan Internet Service Provider (ISP) yang dipakai di distrik anda. Jika sekolah anda menggunakan filtering software, maka administrator teknik sekolah mungkin perlu untuk menentukan Think.com sebagai tujuan www yang diijinkan. Plug-ins seperti Quicktime dan RealMedia mungkin dibutuhkan untuk melihat kandungan audio dan/atau video yang ditempatkan oleh pengguna Think.com.

Apa sajakah peran dan tanggung jawab dari Oracle dan pihak sekolah?

Oracle:

  • Bertugas sebagai Application Service Provider,
  • Menyediakan pelatihan gratis, integrasi dari workshop dan pelatihan online untuk guru2 tentang penggunaan dan integrasi dari Think.com;
  • Mengatur komunitas secara menyeluruh dan memberi izin atas partisipasi dari organisasi2 pendidikan;
  • Mendaftarkan sekolah-sekolah baru dan menciptakan komunitas sekolah dan user account administratornya;
  • Menyediakan dukungan teknik bagi semua anggota lewat Think.com Support System. (Sisipkan Link ke Support)

Sekolah-sekolah:

  • Mendaftar online di http://www.Think.com dan mengembalikan perjanjian legal yang telah dilengkapi ke Oracle secara online
  • Membangkitkan minat dan mendorong penggunaan dan integrasi Think.com ke dalam kelas;
  • Mengidentifikasi sekolah dan guru yang berpartisipasi;
  • Menunjuk sedikitnya satu Admin Think.com per sekolah.
  • Mengatur penggunaan Think.com oleh sekolah, termasuk pembuatan user account dan memonitor isinya, sesuai Persyaratan Penggunaan;
  • Memastikan konfigurasi hardware/software yang dibutuhkan (i.e. internet browser) untuk komputer sekolah; dan
  • Mematuhi persyaratan dari Perjanjian Sekolah Think.com.

Dukungan administratif apakah yang dibutuhkan dari sekolah yang berpartisipasi?

Setiap sekolah yang menjadi anggota harus mendedikasikan satu guru tetap atau anggota staf untuk menjadi Admin Think.com. Admin adalah pemakai dengan hak-hak istimewa termasuk:

  • Pembuatan, penghapusan dan manajemen user account
  • Kesanggupan untuk memutuskan isi yang direview oleh para guru, dan
  • Fungsi2 manajemen komunitas lainnya.

Admin ini akan bertugas sebagai kontak utama antara sekolah dan tim Think.com Oracle. Untuk sekolah yang lebih besar, mungkin perlu untuk menunjuk Admin tambahan. Kami mendorong sekolah untuk menunjuk Think.com Coach untuk mempromosikan kegunaan2 kreatifnya sepanjang kurikulum, untuk menggerakkan adopsi dan menganjurkan para guru untuk menyelesaikan Self Study Tutorial. Personil ini bisa merupakan Admin atau orang lain.

Bagaimana orang tua dapat terlibat?

Parent Page yang bisa diakses oleh orang tua tanpa account atau password. Guru dapat mengunakan halaman baru ini untuk menaruh tugas, alamat email mereka dan dokumen untuk didownload. Ini adalah cara baru untuk meningkatkan komunikasi antara rumah dan kelas untuk guru dan orang tua yang sibuk.

Orang tua dapat meminta account anaknya dihapus kapan saja dengan memberitahu sekolah anaknya, atau dengan mengirim email ke thinkcom_ww@oracle.com.

Isu-isu keamanan apakah yang anda antisipasi mengenai kandungan dan penggunanya?

Akses

Think.com adalah situs yang dilindungi password. Sekolah harus melengkapi proses pendaftaran sebelum mereka diberi kemampuan untuk membuat account untuk staff dan murid mereka. Guru dan murid hanya bisa mengakses situs ini jika pihak sekolah telah menyediakan mereka dengan sebuah account. Think.com menggunakan teknologi SSL (Secure Socket Layer) untuk melindungi password dan informasi penggunanya selama transmisi.

Muatan

Setiap kontribusi dan isi muatan yang ditempatkan di Think.com mengidentifikasi pembuatnya. Identitas individual ini mendorong perilaku yang bertanggungjawab. Seluruh anggota Think.com diminta untuk mematuhi “Peraturan” dari Think.com.

Think.com melengkapi Admin Tools khusus yang mengizinkan muatan biasa dan penelusuran gambar oleh masing2 sekolah yang berpartisipasi. Setiap anggota sekolah bertanggungjawab atas tinjauan rutin dan penghapusan material yang tidak memenuhi standar seperti yang tercantum dalam Persyaratan Penggunaan Think.com atau Acceptable Use Policy dari sekolah. Ada Mediation Policy yang ditempatkan di sana untuk memfasilitasi diskusi seandainya dua sekolah berlainan pendapat tentang kepantasan isi muatan.

Hubungan apa yang dimiliki antara Think.com dengan ThinkQuest?

Think.com dan ThinkQuest adalah program-program dari Oracle Education Initiatives. Tim ini diciptakan untuk mempengaruhi kompetensi inti Oracle dalam teknologi informasi dan internet untuk membantu sekolah-sekolah dalam menggunakan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran. ThinkQuest adalah program utama dari Foundation ini adalah merupakan kompetisi internasional yang mengajak murid dan guru berkolaborasi untuk membangun situs web pendidikan, yang ditempatkan dalam perpustakaan umum online gratis.

Selamat kepada SMP Negeri 2 Kuta Selatan sudah bergabung dengan Think.Com, mari kita ajak siswa-siswi kita untuk berkompetisi pada level nasional dan internasional, yang tujuan akhirya adalah supaya generasi muda kita mampu mempersiapkan diri sedini mungkin dalam mencapai peluang kerja yang lebih baik untuk masa depan mereka yang lebih cerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: