RESENSI MUSIC

Andra and the Backbone …

Bukan Selingkuhan Dewa 19

 

Jangan dikira keputusan Andra berselingkuh dari Dewa 19 tanpa sepengetahuan Ahmad Dhani. Justru pentolan band ini yang ngasih restu pertama kali. Suami Maia ini pernah berucap, kalo Dewa mungkin enggak akan selamanya. Artinya bisa aja suatu saat akan bubar. Makanya Dhani enggak mempermasalahkan kalo personel Dewa mulai merintis karirnya sendiri.

Termasuk Andra yang kini mendirikan grup band Andra and The Backbone. Band yang udah diimpi-impikannya lebih dari empat tahun lalu. Tapi belum kesampean lantaran kegiatan Dewa yang begitu padat. ”Awal tahun ini, jadwal Dewa 19 agak longgar. Jadi bisa dimanfaatin buat nyelesaiin proyek ini,” ujar Andra.

Untuk sementara band ini baru digawangi tiga personel. Antara lain Andra (gitar), Stevie Item (gitar) dan Dedy Lisan (vokal). Dua additional player yang sering ngebantuin band ini adalah Bato (bas) dan Yoyo Padi (drum). Penginnya sih bisa main full team tapi sampe sekarang Andra belum nemuin pemain yang pas. Tadinya Yoyo salah seorang yang udah diincer. Cuma Yoyo lebih memilih tetep bergabung dengan Padi.

Dewa 19 emang ngebebasin personelnya untuk bersolo karir. Cuma dengan syarat aktivitasnya enggak mengganggu kinerja grup asal Surabaya ini. Termasuk Dhani yang enggak takut kalo Andra bakal ninggalin Dewa yang udah ngebesarin namanya. Pengin tau alasannya? Ya… karena untuk proyek solo Andra ini, Dhani justru yang didaulat jadi manajernya. Nantinya bapak tiga anak ini yang akan ngatur jadwal Andra bersama Dewa 19 dan band solonya.

Meski begitu, Andra masih tetep memprioritaskan Dewa 19. Buatnya, Dewa 19 adalah yang pertama dan prioritas. “Solo karir ini ibaratnya hanya selingan,” repet Andra. Sejauh ini Andra belum ngerasa ada kesulitan ngatur jadwal manggungnya bareng band barunya. Pasalnya, Andra and the Backbone masih dibawah naungan manajemen Dewa 19.

Oh ya… dari tiga personel Andra and the Backbone, nama Andra mungkin yang paling dikenal. Tentu aja, sebagai pentolan Dewa 19 sosoknya udah akrab dengan pecinta musik puluhan tahun silam. Sedangkan Stevie Item adalah kakak kandung Audy yang juga jadi additional player Dewa. Lalu siapa Dedy? Cowok ini jadi temen Andra sejak lama dan sering ngebantu sesama musisi yang pengin bikin demo lagu.

Di album yang bertajuk Andra and the Backbone, band ini mengusung lagu andalannya Musnah. Lagu ini cukup lama wira-wiri di papan atas tangga lagu Indonesia. Kini satu hitsnya yang lagi digandrungi penikmat musik. Judulnya Sempurna. Alunan musik yang mengalir indah padu dengan lirik yang begitu kuat. Untuk lagu ini Andra justru terinspirasi dari Tuhan. Bukan dari pasangan atau sesama manusia.

“Itu lagu inspirasi dari yang diatas. Bahwa kesempurnaan itu milik Tuhan. Cuma orang bisa ngartiin itu untuk cewek atau orang lain,” jelas Andra. Kini Andra and the Backbone lagi naik daun. Warna musiknya juga beda banget dengan Dewa 19. Lantas apakah band ini akan melejit melebihi Dewa 19? Cuma waktu yang bisa ngejawabnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: