CERAMAH NARKOBA

CERAMAH NARKOBA DAN HIV/AIDS

DARI YAKEBA

UNTUK SISWA  SISWI SMP NEGERI 2 KUTA SELATAN

Kata bersenang-senang sangat identik dengan istilah remaja (pelajar atau manusia beruisia 13-21 tahun). Ya…… benar sekali…. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa masa muda adalah masa untuk bersuka ria. Ungkapan ini sangatlah tepat untuk mereka yang memang tidak mempunyai tujuan hidup. Dan itulah yang menyebabkan mereka terjerumus dalam pergaulan bebas. Setelah itu banyak sekali akibat yang akan terjadi seperti penggunaan narkoba, pangkal penyebaran virus HIV/AIDS dan yang lainnya yang berhubungan dengan kenakalan remaja. Ngomong-ngomong nich ya, masalah Narkoba dan HIV/AIDS sangat sering terdengar ditelinga kita selain itu ,permasalahan ini sangat melekat dikalangan remaja. Untuk mencegah semakin banyaknya pecandu narkoba dan penularan virus HIV/AIDS di kalangan remaja semakin banyak penyuluhan yang dilakukan. Kalau dari sekolah kita, telah bekerja sama denga YAKEBA (Yayasan Kesehatan Bali) untuk melakukan ceramah disekolah kita yang mengambilkan tema “Narkoba dan HIV/AIDS” pada tanggal 7, 8, 9 Agustus 2007 diwantilan Spendukutsel.

Sekarang kita akan masuk kepada tema yang telah ditentukan, yang pertama Narkoba

Narkoba atau NAPZA singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya dan dapat diartikan sebagai segala jenis zat yang apabila orang mengkomsumsinya akan membuat orang itu kehilangan kesadaran, bahkan sampai kecanduan.

Narkoba digolongkan menjadi 3 yaitu UPPERS adalah jenis narkoba yang dapat membuat seseorang lebih bergairah , aktif dan bersemangat (kokain, sabu-sabu), DOWNERS adalah jenis narkoba yang dapt membuat seseorang menjadi tenang dan rilex (heroin, Pil Koplo), ALL AROUNDERS adalah jenis narkoba yang membuat seseorang menjadi aktif ataupun tenang atau membuat orang itu berhalusinasi ( ganja, Mushroom. LSD). Dan tahapan-tahapan seorang pecandu narkoba, yang pertama yaitu USSER, adalah tahapan coba-coba, hanya menggunakan sekali atau pada hari tertentu, ABUSER adalah tahapandimana pengguna narkoba sudah menjadi biasa, ADDICT adalah tahap dimana seseorang harus menggunakan narkoba setiap hari dengan kata lain tiada hari tanpa narkoba.

Tanda-tanda orang yang terkena narkoba yaitu suka mencuri, berbohong, malas, cepat marah dan tidak peduli. Dan seperti yang kita ketahui banyak sekali dampak dari narkoba ini, diantaranya suka bertindak criminal seperti mencuri karena membutuhkan uang untuk membeli narkoba, dipenjara, dan yang paling parah adalah kematian karena over dosis.

Setelah narkoba sekarang kita masuk ketema yang kedua 2 yaitu HIV/AIDS, permasalahn ini gak kalah saing loch ama permasalahan diatas.

HIV/AIDS terdiri dari kat HIV dan AIDS. HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang artinya virus yang meyerang sistem kekebalan tubuh manusia, orang yang terkena HIV sangat mudah terkena penyakit. Sedang kan AIDS singkatan dari Aquired Immono Defiency Syndrome, yaitu kumpulan gejala penyakit yang muncul akibat menurunnya daya tahan tubuh manusia. Aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkankan virus ini, antara lain suka ganti-ganti pasangan sex tanpa menggunakan kondom dan suka bertukar-tukaran jarum suntik sesama pemakai narkoba dan tindik yang tidak steril. Dapat ditarik kesimpulan penularan HIV berawal dari adanya kontak cairan yang mengandung HIV seperti cairan kelamin, juga berwasal dari jumlah dari jumlah virus yang cukup dan adanya jalur masuk virus antara dua orang yang terinfeksi HIV dengan orang lain

Sebenarnya virus ini hidup berdampingan dengan kita , tergantung dari kita menanggapinya. Jauhilah virusnya bukan orangnya, karena membuat orang itu terkena penyakit ini bukan orangnya tapi virus HIV itu sendiri.

Setelah sekitar 1 jam ( 60 menit atau 3600 detik ) berbicara, salah satu pembicara menceritakan pengalamannya yang pernah menggunakan Narkoba dan pernah dipenjara. Pengalaman itu sangat menyentuh hati. Ia bercerita bahwa betapa sulitnya menghentikan kebiasaan sebagai pecandu Narkoba. Jadi kalian jangan coba-coba dengan naroba.

Dan diakhir acara, ada sessi tanya jawab yang sangat seru…… mereka dijejal pertenyaan dari siswa-siswi Spendukutsel, hebatkan….!!!

Cuma sekian yang aku dapat ceritakan tentang ceramah ini. Bukti telah ada, hukum telah ditegakkan, sekarang apa kalian masih ingin mencoba narkoba… ??? aku harap tidak agar korban akibat keganasan narkoba tidak bertambah. Dan daripada kita mencoba narkoba lebih baik kita berkarya-dan berkarya untuk Spendukutsel tercinta.

Wix ( IXA )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: